Meneguhkan Kepercayaan

Hanya 36 persen dari karyawan yang meyakini bahwa para pemimpin mereka bertindak jujur dan berintegritas (Cover Jr, The Speed of The Trust). Lembaga Transparansi Internasional mengatakan ada krisis kepercayaan terhadap pemerintah di seluruh dunia dalam menangani korupsi (www.voaindonesia.com)

Kepercayaan merupakan nilai yang sangat penting dan merupakan satu hal yang mampu mengubah segalanya ditengah krisis kepercayaan. Formula Covey Jr tentang kepercayaan adalah sebagai berikut:
Kepercayaan menurun, kecepatan akan menurun dan biaya meningkat.
Kepercayaan meningkat, kecepatan akan meningkat dan biaya menurun.
Integritas meruoakan akar yang kokoh sebagai pondasi kepercayaan. Selain itu ada unsur lainnya yakni niat dan kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan dan pekerjaan. Menurut Goleman, kecerdasan emosi (EQ) menentukan keberhasilan seseorang sekitar 80%, sedangkan Intelektual (IQ) sebesar 20%.

Seorang yang memiliki kecerdasan emosi tinggi akan menyebabkan orang mudah menjalin hubungan ( relationship ) dengan orang lain baik di dunia kerja maupun lingkungan masyarakat karena salah satu unsur kecerdasan emosi adalah empati. Empati merupakan kemampuan sosial yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Empati juga sangat penting dalam dunian pekerjaan. Empati merupakan kemampuan dalam meneguhkan kepercayaan.

Bahan bakar empati adalah keikhlasan, kebaikan dan keterbukaan. Semakin kita menawarkan kebaikan kepada orang lain dengan ikhlas, maka empati kita akan meningkat juga sehingga hubungan akan terjalin dengan baik dan akan meneguhkan kepercayaan satu sama lain hingga tercipta lingkungan kerja yang produktif dan outcome yang telah ditetapkan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s