[Waktu Luang]: Bias Status Quo

Sebenarnya kita banyak memiliki waktu luang, bila kita produktif. Produktif sangat berbeda dengan sibuk. Jika kita terlihat sibuk, mungkin kita tak pandai memanajemen waktu seperti kalimat organisir dan laksanakan menurut prioritas sehingga kegiatan tidak menumpuk pada akhir tahun yang membuat stress. Dengan manajemen waktu yang baik ada waktu luang kita berpikir untuk berintropeksi tentang diri, kehidupan, alam semesta dan manusia.

Karena saya bukan orang sibuk dan juga tidak produktif hingga banyak waktu luang untuk menikmati tumbuh kembangnya anak-anak, istri, kebesaran Allah melalui ciptaanNya, membaca buku dan berkelana mencari ide untuk broadcast. Ide broadcast kali mencoba memahami mengapa orang senang status quo. Status quo di sini berada pada posisi yang sama dan tidak ingin mencoba belajar hal baru hingga berubah. Padahal perubahan itu baik untuk dirinya, namun bias status quo lebih dipilihnya karena nyaman dan menghijab pandangan jernihnya.

Ternyata, menurut penelitian bahwa kegagalan membuat kita 3 kali lebih kesal daripada kita mendapatkan keberhasilan dengan keuntungan yang sama. Perbandingannya 1:3 yakni bahwa kekesalan/kesedihan yang kita peroleh mengalahkan 3 kebahagiaan yang kita dapat. Jadi bias status quo membuat kita tetap berada pada posisi yang berlaku sekarang walaupun itu merugikan diri sendiri.

Menghilangkan bias status quo, kita harus menggunakan kaca yang bersih agar pikiran jernih dan kreatif bahwa status quo merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar bagai air yang menggenang. Dengan berpikir kreatif kita berpikir terbalik*bahwa *kegagalan*adalah *tidak kegagalan (keberhasilan) sehingga semuanya keberhasilan sehingga menyenangkan diri kita. Akhirnya dengan pikiran jernih dan kreatif kita memilih perubahan daripada status quo karena hari ini harus lebih baik dari kemarin dan esok harus lebih baik dari hari ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s