Kebermaknaan Eksistensi

Menurut Frank, pada abad 20 dan mungkin hingga kini banyak orang mengalami kehampaan eksistensi (keberadaan). Misalnya pada Sabtu atau minggu seorang ada sebagian orang yang tidak meraa puas setelah berlalunya hari kerja sehingga ingin bekerja lagi. Selain itu kehampaan eksistensi juga disebabkan kebosanan. hampaan eksistensi juga dialami oleh orang yang telah tidak beraktivitas dan manula karena mereka bingung apa yang harus dilakukan atau dikerjakan. Kehampaan eksistensi juga dialami oleh orang sakit karena hiduonya merasa tidak bermakna.

Ternyata hambatan kehampaan eksistensi disebabkan oleh paradigma yang melekat selama ini yakni paradigma memiliki yakni mengejar kesenangan dan kekuasaan sehingga ketika tidak memiliki kekuasaan atau bekerja berarti hidup ini hampa. Sungguh sangat sulit memberdayakan diri saat merasa tak berdaya.

Namun, budaya Timur sangat berbeda dengan budaya Barat yang Frankl dan Fromm amati. Di budaya Timur atau negeri yang kami cintai, setelah orang tua-orang tua tidak bekerja, mereka tetap memiliki kegiatan yakni beribadah mendekatkan diri kepada Allah sama seperti mereka bekerja. Dan juga ada budaya silaturrahim serta Orang tua-orang tua kami memiliki makna dan tujuan hidup di dunia ini.

Dan kita sebagai anak atau penerus mereka di dunia kerja, harus menghargai karya yang telah mereka goreskan di tempat kerja. Pengalaman-pengalaman mereka merupakan sumber pengetahuan bagi kita.

Mereka pun sangat dibutuhkan dan diharapkan oleh anak-anak, cucu-cucunya dan lingkungan sekitar. Dan dalam kondisi apa pun mereka masih sangat dibutuhkan dan bermakna.

Makanya saya senang sekali bertemu dengan Pak Toto, Mbah Cip dan yang lainnya saat reuni lintas angkatan AIS walau hanya bicara sebentar dengannya. Mereka masih energik. Tulisan-tulisannya mereka pun di group wa menyejukkan dan bijak yang menunjukkan banyaknya pengalaman mereka. Rasanya ingin reuni di Legoso atau Cirebon untuk menimba ilmu kepada mereka.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu, kebermaknaan keberadaan Kalian sungguh sumber pembelajaran bagi saya dan saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s