Values (nilai-nilai) – Tanpa Makna

Pada seminar aktualisasi di dserah, kemarin seorang mentor mengatakan kurang lebih sebagai berikut,”kami mengucapkan teeima kasih kepada Pusdiklat yang telah memberikan nilai-nilai (Values) kepada mereka. Sangat terasa perubahan pada diri mereka sehingga sangat membantu kami. Andaikan saja, pelatihan nilai-nilai ini diberikan kepada semua lini, saya percaya bahwa visi BPS akan terwujud.”

Values mulai ramai diterapkan oleh perusahaan sejak diterbitkannya buku Built to Last karya Jim Collins. Menurut Jim Collin, perusahaan-perusahaan yang mencapai visinya adalah perusahaan-perusahaan di mana values perusahaan tersebut benar-benar diteapkan danenjadi pedoman pegawainya.

Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan mulai berfokus kepada kekuatan internal pegawai/perusahaan yakni values karena akan berdampak pada nilai tambah yang tinggi kepada perusahaan.

Namun banyak orang/perusahaan yang tidak mengetahui values di dalam dirinya/perusahaannya, sehingga meminta konsultan mendeskripsikan perusahaan atau membuat values diri/perusahaan seadanya karena nothing to loose yakni diterapkan atau tidak, bukan masalah bagi perusahaan. Artinya, perusahaan memiliki core values hanya mengikuti tren yang ada agar dikatakan tidak ketinggalan zaman.

Menurut majalah Fortune, values yang banyak dimiliki perusahaan adalah integritas. Setelah itu kepuasan pelangan dan sebagainya. Salah satu perusahaan yang menjadikan values sebagai jiwa perusahaan adalah NordStorm yang memiliki pelayanan prima kepada kepuasan pelanggan.

Agar values menjadi pedoman diri/perusahaan yang akan berdampak pada kinerja atau nilai tambah tinggi adalah dengan pelatihan core values pada setiap pegawai yang berkesinambungan sebagai investasi sumber daya manusia. Jika tidak, maka values hanya tertulis di buku, banner dan leaflet namun tanpa makna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s