Memulai Sesuatu dengan Gambaran Akhir

Kebiasaan kedua dari ketujuh kebiasaan manusia yang sangat efektif ini merupakan kebiasaan yang sangat menarik dari sisi spiritualitas. Covey Sr mengilustrasikan agar kita membayangkan saat melayat jenazah di mana jenazah itu adalah diri kita sendiri. Kemudian, saat jenazah di makamkan ke liang lahat, sebuah pertanyaan muncul,”Apakah yang kita tinggalkan?” Semuanya. Artinya, sesuatu yang kita cintai di dunia seperti istri, anak, harta dan sebagainya tak ada yang ikut masuk ke liang lahad. Tentu saja, di dalam Islam ketika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan dan anak soleh yang mendoakan untuknya.

Kebiasaan memulai sesuatu dengan gambaran akhir, juga bermanfaat secara umum. Dari sisi spiritualitas, memulai sesuatu dengan gambaran akhir akan menghindari kita untuk tidak melakukan perilaku yang tidak etis, seperti membuat kuitansi bohong, membuat bill hotel tapi tidak menginap, menandatangani spj tanpa melakukannya, menggunakan fasilitas kantor (kendaraan dinas, dll) untuk kepentingan pribadi, dan lain-lain.

Cara untuk memulai sesuatu dengan gambaran akhir diawali dengan menjawab tiga pertanyaan besar yakni dari mana kita berasal, untuk apa kita di dunia ini dan akan kemana kita setelah kehidupan ini.

Apabila dapat menjawab dengan jernih ketiga pertanyaan besar tersebut yang sebenarnya merupakan keterkaitan antara tujuan hidup di dunia dan setelah di dunia (akhirat) dan menginternalisasikan antara tujuan dan gambaran akhir (akhirat) itu, kita akan selalu memulai sesuatu dengan gambaran akhir.

Sebaliknya, jika tak mampu menjawab dengan jernih, kita akan terombang-ambing bagai buih di lautan. Kita bagai layang-layang putus mengikuti hembusan angin hingga kita ditabiri jendela kaca yang kotor (persepsi) yakni meterialisme. Materialisme menyebabkan kita mengetahui apa-apa yang ingin kita miliki, namun tak tahu menjadi apa.

Akhirnya, persepsi kotor tersebut mengakibatkan kehidupan kita beorientasi memiki (to have). Orientasi kehidupan memiliki menyatakan bahwa kebahagiaan terletak pada apa-apa yang dimiliki, seperti:

Aku bahagia, jika memiliki harta banyak
Aku bahagia, jika memiliki istri cantik
Aku bahagia, jika memiliki jabatan tinggi
Aku bahagia, jika memiliki mobil bagus

Orientasi kehidupan memiliki berdampak menghalalkan segala cara untuk memiliki sesuatu. Dan manusia yang berorientasi memiliki tak akan pernah bahagia karena sesungguhnya kebahagiaan tidak terletak pada apa-apa yang dimilikinya, tetapi berada di dalam diri sendiri (qolbu). Menurut Erich Fromm, Orientasi memiliki merupakan orientasi yang tidak sehat pada masyarakat kapitistik materialisme.

Apakah kita harus miskin? Tentu tidak. Kita boleh dan dianjurkan kaya, memiliki mobil bagus, istri cantik, jabatan tinggi. Namun semua itu hanya sebagai amanah dari Allah yang diperoleh dengan cara yang benar, dapat dinikmati dan didistribusikan dengan benar sebagai bekal kita nanti. Bukankah kita harus memiliki sesuatu untuk memberi kepada sesama.

Memberi kepada sesama tanpa pamrih dan pencitraan merupakan orientasi kehidupan menjadi (to be). Ciri orientasi menjadi adalah memberi kepada sesama karena Allah yang sesungguhnya membuat kita bahagia karena kebahagiaan kita tergantung kepada kebahagiaan orang lain. Orientasi menjadi membuat kita benar-benar hidup, kaya dan bermakna.

Agar memiliki orientasi kehidupan menjadi (to be), caranya adalah dengan memiliki kebiasaan memulai sesuatu dengan gambaran akhir. Dengan memulai sesuatu dengan gambaran akhir kita dapat menunda nafsu dunia yang kecil dan sementara untuk memperoleh sesuatu yang besar dan kekal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s