Kesadaran Utuh

Ada fenomena yang menarik yakni banyak orang yang rajin ibadah namun sering pula melakukan kecurangan-kecurangan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari seperti korupsi, melanggar peraturan dan sebagainya. Mengapa ini terjadi? Terjadi karena seorang tersebut belum memiliki kesadaran utuh. Kesadaran utuh merupakan suatu cara menghadirkan Allah di mana pun kita berada.

Ketika beribadah di tempat ibadah (masjid, gereja,dll), kita begitu khusyu’ dalam berinteraksi dengan Sang Pencipta seolah-olah Allah mengawasi kita. Keheningan dan kesyahduan kita beribadah kepadaNya seolah-olah Allah hadir sangat dekat kepada kita hingga tak terbersit berbuat maksiat.

Kesadaran utuh adalah bagaimana kita memindahkan kekhusyu’an di tempat ibadah hadir dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya ketika kerja yang kita niatkan ibadah, Allah juga seolah-olah mengawasi diri kita sehingga tidak melakukan perilaku curang seperti korupsi, memark up anggaran atau mengalokasikan anggaran lebih yang tak efektif dan efesien.

Namun karena kita telah lama mendikotomikan atau memisahkan bahwa Tuhan hanya ada di tempat ibadah saja (sekuler), maka kita menghiraukam bahwa sebenarnya Tuhan juga ada saat kita bekerja. Nah kesadaran utuh sebuah cara menghadirkan seolah-olah Allah ada di mana-mana sehingga kita terjaga dari perbuatan maksiat dalam bekerja. Sehingga bekerja tidak hamya betujuan materi semata, namun juga meningkatkan keimanan kita dengan menghadirkan nilai-nilai ruhiyah dalam bekerja.

Kesadaran utuh adalah kondisi di mana kita sebagai manusia merasakan, menginsafi dengan panca indera kita bahwa Allah seolah-olah ada mengawasi kita di mana pun kita berada, baik di tempat ibadah, lingkungan rumah dan sekitar, tempat bekerja atau kesendirian sehingga kita dapat meminimalisir maksiat dan meningkatkan keimanan hari demi hari. Kesadaran utuh merupakan keterhubungan kita sebagai manusia terhadap penciptaNya di mana pun kita berada. Kesadaran utuh dapat diasah agar menjadi kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s