Hati Nurani

Seorang teman yang memiliki banyak kesempatan untuk memperkaya diri dengan cara yang tidak benar (keburukan), tidak melakukannya. Tanya saya, “Mengapa?” Jawabnya, “Ketika akan melakukan keburukan tersebut, saya bertanya pada hati nurani.”

Sejalan dengan hati nurani, 14 abad yang lalu Rasulullah SAW menganjurkan seseorang akan melakukan perbuatan buruk dengan bersabda,”Tanyakan kepada hati nuranimu. Kebajikan adalah yg membuat jiwa dan hatimu tentram, sedangkan dosa adalah yang membuat jiwa dan hatimu gelisah meskipun orang lain berulang kali membenarkanmu.”

Bagaimana bila hati nurani kita tidak peka? Manusia tempatnya salah dan lupa. Namun hal tersebut jangan dijadikan pembenaran bahwa kita boleh melakukan keburukan. Atau mungkin kita telah terbiasa melakukan keburukan yang dianggap lazim dan kecil oleh sebagian orang, seperti merekayasan kuitansi. Ketika kita melakukan keburukan, noktah hitam akan menempel di hati. Walaupun keburukan tersebut kecil, namun sering (kebiasaan), maka noktah hitam itu semakin banyak dan hampir menutupi hati.

Keburukan-keburukan datang begitu lembut seperti bisikan halus hingga tak terdengar dan tak terlihat bagai semut kecil hitam yang merayap di batu hitam pada pekatnya malam.

Bisikan keburukan dapat kita rasakan saat kita merenungkan, berfikir dan mengevaluasi tindakan-tindakan kita menjelang heningnya malam saat berbicara kepada hati nurani. Apakah hari ini kita melakukan keburukan-keburukan? Pastilah masih ada titik-titik putih di hati kita yang akan menjawab. Bila ada, mohon ampunan pada Allah dan berkomitmen dengan kuat dan berulang-ulang tidak akan mengulangi keburukan-keburukan.

Dengan menghilangkan keburukan-keburukan, maka noktah-noktah hitam akan mengelupas dari hati hingga titik-titik putih akan mengendalikan hati. Akhirnya hati nurani menjadi kompas kembali dan memberi petunjuk kepada kita tentang tujuan hidup ini.

——————————————————-
Dari hamba yang lemah dan beristighfar karena noktah hitam melekat .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s