Ukuran Mengenal Orang lain

Sabtu ceria ditemani orang-orang yang kita cintai dan kesyukuran terhadap udara yang kita hirup dan nikmat sarapan, yuk kita cicipi sarapan tulisan di bawah ini….

Socrates memiliki 3 filter dalam menilai sebuah berita/informasi benar dan buruk yakni kebenaran, kebaikan dan kemanfaatan. Nah pada tulisan ini ada pula 3 filter untuk, apakah kita telah mengenal orang lain dari Umar Ibn Khattab ra sebagai berikut.

Pertama, apakah kita telah berinteraksi atau memiliki hubungan dagang atau hutang piutang dengan orang tersebut sehingga kita akan mengenal orang lain tersebut amanah atau kejujurannya.

Kedua, Pernah kah kita berselisih pendapat tentang sesuatu hingga kita dapat melihatnya dari argumen-argumen yang diungkapkan. Ketiga, pernahkah kita berpergian bersamanya selama 10 hari hingga kita benar-benar mengenal wataknya.

Ketiga ukuran mengenal orang lain dari Umar ra ini sangat dalam dan penuh makna untuk menjalin hubungan dengan orang lain (relationship). Namun output dari ukuran ini, tidak menafikan untuk kita selalu berprasangka baik kepada setiap orang.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s