Qonaah (Merasa Cukup)

Menurut media TV @nocomment, Gaji dan tunjangan per bulan ketua DPD RI sebesar Rp. 70 juta. Bila ditambah rapat, sppd, dan lain-lain sekitar Rp. 2,5 milyar per tahun. Dengan pendapatan tersebut, ketua DPD RI tertangkap tangan menerima suap sebesar Rp. 100 juta oleh KPK. Terlepas benar atau salah nantinya, ada pertanyaan, “Mengapa seorang yang penghasilannya cukup besar, masih mau menerima suap (perilaku tidak etis)?”
Tamak. Ya sifat tamak lah yang menyebabkan Beliau menerima suap. Tamak adalah rakus atau serakah. Sifat tamak ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang yang sangat cinta dunia (ubud dunia). Orang tamak tidak akan puas dengan kekayaan yang telah dimilikinya, selalu merasa kurang dan kurang.
Dampak seorang yang memiliki sifat tamak adalah melakukan pekerjaan yang bukan tupoksinya (kuota impor gula), menyalahgunakan wewenang, tindak pidana korupsi (tipikor), merekayasa anggaran dan perilaku tidak etis lainnya.
Sering kali kita mencemooh koruptor di atas, namun tanpa disadari kita juga melakukannya dengan skala kecil. Seperti iklan ‘Jujur itu Hebat’ yang disebarkan KPK di mana seorang yang makan beberapa tempe di warung makan, namun mengaku makan 1 tempe. Artinya, tipikor besar dimulai dari pelanggaran-pelanggaran kecil yang dibiarkan.
Bagaimana mencegah sifat tamak? Untuk melawan sifat tamak, kita harus memiliki sifat qonaah. Qonaah adalah sifat yang sangat mulia. Seorang yang memiliki sifat qonaah akan merasa cukup pada apa-apa -karunia- yang diterimanya dari Allah saat ini sehingga akan mencegah sifat tamak. Ciri-ciri perilaku orang-orang yang memiliki sifat qonaah sbb:
1. Kerja keras dan kerja cerdas memperoleh hasil yang terbaik.
2. Jika yang diharapkan belum sesuai kenyataan, inilah yang terbaiki dari Allah.
3. Tidak mudah menyerah
4. Sederhana. Menyesuaikan pengeluaran dengan penghasilannya.
5. Merasa seolah-olah kaya karena sehat dan memiliki panca indra
6. Bersyukur.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s