Tumbuh Bersama

Hari ini harus lebih baik dari kemarin. Esok harus lebih baik dari hari ini. Jika hari ini sama dengan kemarin, merugilah. Celakalah, jika hari ini lebih buruk dari kemarin.
Alinea di atas, saya artikan dengan inovasi dalam arti luas yakni seseorang harus tumbuh (grow) yang mencakup kompetensi teknis dan kompetensi etis (spiritualitas/nilai-nilai mulia). Sehingga saya membagi seseorang menjadi 4 kuadran.
1. Kuadran I adalah orang yang melakukan pengalaman yang sama dengan hal-hal yang mudah yang diulang-ulang ribuan kali hingga merasa bosan. Contohnya adalah pergi pagi ke kantor kemudian pulang sore ke rumah dan tak ada yang berbeda kecuali waktu yang berubah.
2. Kuadran II adalah orang-orang yang melakukan pengalaman sama dengan masalah-masalah sulit. Karena mereka tidak berusaha keras untuk menyelesaikan masalah sulit tersebut hingga merasa frustasi.
3. Kuadran III adalah orang-orang yang memliki pengalaman berbeda/baru dengan masalah yang mudah hingga dapat diselesaikan. Namun orang-orang ini berada dalam status quo hingga merasa senang dan tidak inigin beranjak dari status quo tersebut.
4. Kuadran IV adalah orang-orang yang memiliki pengalaman berbeda/baru dengan masalah-masalah sulit. Namun mereka bekerja keras dan menyukai pengalaman baru dan masalah sulit dan berhasil menyelesaikannya. Mereka ini lah yang berada dalam kuadran bertumbuh (grow).
Namun mereka yang  bertumbuh ini tidak merasa bahagia? Mengapa? Karena mereka tidak ingin tumbuh seorang diri. Mereka memiliki sifat rendah hati yakni tidak ingin merasa lebih (hebat, pintar, tinggi, kuasa, kaya) dari orang lain sehingga orang yang bertumbuh ingin mengajak orang lain juga tumbuh bersama. Tumbuh bersama adalah kepercayaan dan harapannya karena akan membuat suasana begitu indah dan bahagia bagi lingkungan sekitar.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s