Menyalahkan Orang lain

Pada suatu rapat perusahaan yang dihadiri direktur penjualan, manajer dan para tenaga penjualan, direktur penjualan menanyakan mengapa penjualan produk menurun. Manajer penjualan menjawab berdasarkan pernyataan para sales bahwa yang salah adalah konsumen yang tidak mengenal produk perusahaan tersebut.
Menyalahkan orang lain/konsumen merupakan pekerjaan yang paling mudah dibandingkan melakukan instropeksi, mengapa produk perusahaan tidak dikenal konsumen. Menyalahkan orang lain merupakan cara melepaskan tanggung jawab dan ciri mindset tetap (fixed mindset).
Salah satu ciri mindset tetap adalah perusahaan/diri merasa lebih hebat dari perusahaan/orang lain karena merasa memiliki sumber daya manusia /bakat hebat. Selain itu ciri mindset tetap perusahaan/diri  juga ditandai  tidak fokusnya perusahaan/diri pada pengembangan sumber daya manusianya/personal karena terlena pada pujian-pujian yang sebenarnya menuju pada kemunduran.
Bertanggung jawab pada diri sendiri dan mengakui ‘kegagalan’ lebih baik karena akan memperbaiki kesalahan-kesalahan untuk berkembangnya perusahaan/diri dengan mengembangkan sdm/diri agar perusahaan/diri bertumbuh daripada menyalahkan orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s