Merubah Pola Pikir (Mindset)

“Pak Irkham ambil bill hotel yang 514.000 rupiah saja.”, kata seorang. “Oh tidak, saya bayar 450.000 rupiah, karena itu saya memang bayar sebesar itu.”, jawab saya dan membathin,”Hari gini, masih membuat bill/kuitansi ganda. Bagaimana saya mempertanggungjawabkan kepada Allah Yang Maha Tahu.
Reformasi Birokrasi (RB) telah berlangsung dan dicanangkan pada tahun 2010. Banyak capaian positif dari program RB. Namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan membutuhkan kerja keras untuk merubah Indonesia Bersih, Indonesia Tertib dan Indonesia Melayani. Oleh karena itu, selain RB, digalakkan pula gerakkan bersama yakni Revolusi mental. yang juga sebenarnya menginternisasikan nilai-nilai luhur manusia.
Nilai-nilai (values) sebenarnya benih-benih yang berada dalam pikiran baik pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Dan merubah pola pikir (mindset) merupakan area pertama dalam RB karena sangat disadari perilaku seseorang merupakan hasil dari pola pikirnya. Sehingga merubah pola pikir sangat penting.
Merubah pola pikir tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Walaupun banyak pamflet, banner dan sosialisasi perubahan yang dimulai dari diri sendiri, dimulai dari sekarang dan dimulai dari hal-hal kecil namun mengapa masih ada sebagian pegawai berperilaku buruk seperfi korupsi kecil-kecilan (kuitansi/bill ganda), penggelapan aset, penggunaan barang milik negara untuk pribadi/keluarga, menganggap uang negara (POK) sebagai miliknya, mengadakan rapat yang tak efektif untuk penyerapan anggaran, dan kecurangan lainnya? Karena pola pikirnya belum berubah.
Memang sulit merubah pola pikir, namun kita dapat melakukannya dengan tekad dan kemauan yang kuat dan konsisten yakni dengan cara melakukan self talk ke dalam alam pikiran bawah sadar saya menolak korupsi sekarang, saya berlaku jujur sekarang, saya amanah sekarang, saya ….. sekarang. Lakukan self tallk terus menerus dan berdoa kepada Allah, insya Allah self talk tersebut akan berada dalam pikiran bawah sadar kita. Sehingga secara otomatis kita akan menolak perilaku-perilaku buruk

 

Leave a Reply

