Membahagiakan Orang Lain

“Bapak tiap hari ke sini (Pusbang SDM Kemenhub Parung)?”, tanya Pak Joni (tukang ojek di Stasiun Bojong Gede (BG)). “Hanya 2 hari saja Pak, hari ini dan besok.”, jawab saya. Lelaki 2 anak ini pun langsung tanggap, “Oh kalo begitu besok hubungi saya saja Pak. Kalo sudah sampai Depok, sms saya.” jawab saya,”baik. nomor hp bapak berapa?.”
Sabtu. Ketika sampai di stasiun Depok, saya sms ke Pak Joni,”Pak Joni, saya sdh di Depok Baru. tks.” Setibanya di Stasiun BG saya hubungi Pak Joni,”Pak Joni saya sdh di stasiun BG. Pak Joni di mana?” Pak Joni menjawab,”Pak tunggu 10-15 menit ya, saya baru mau keluar. terima kasih.” Jawab saya,”baik, saya tunggu.”
Bukan saya baik hati untuk menunggunya, tetapi tergantung konteks saat itu. Jika saya berangkat dengan ojek lain, saya akan datang terlalu pagi dan akan mengecewakan Pak Joni.
Lima belas menit kemudian Pak Joni tiba di stasiun BG dan ketika saya sudah duduk di belakangnya, Ia mengatakan baru saja mengantarkan penunmpang ke pusdiklat LIPI di Cibinong. Akhirnya, alhamdulillah saya sampai di pusdiklat kemenhub.
Hikmahnya, membahagiakan orang lain dengan tulus sebenarnya membahagiakan diri sendiri karena sesungguhnya kebahagiaan seseorang tergantung kebahagiaan orang lain. Sangat jarang orang yang egois akan bahagia. Saya bahagia jika kamu bahagia bukanlah teori, tetapi sesuatu yang nyata indahnya karena ini anjuran Kanjeng Rasulullah SAW yakni ketika seorang yang hatinya sedang mengeras/galau disarankan untuk mengusap kepala anak yatim dan memberi makan sehingga lelaki tersebut bahagia saat si yatim tersenyum saat makan pemberiannya

Leave a Reply

