Di(Mem)Bimbing

Hidup itu ditabiri gelap yang pekat hingga kita tak apa-apa yang akan terjadi karena itu tebarlah kebaikan-kebaikan sekarang. Hidup itu misteri karena itu raihlah seutuh-seutuh hari dengan memanfaatkan waktu yang cepat berlalu bagai awan di langit. Hidup itu bagai roda berputar seperti siang dan malan karena itu jadikan diri selalu rendah hati dan selalu bersyukur.
Begitu pula diriku. Alhamdulillah, saya ‘gagal’ dibimbing orang lain dalam penulisan, namun dengan izin Allah, sekarang saya diamanahkan -apapun dimensinya- untuk menjadi coach (membimbing) yakni peserta diklat prajabatan/pim dalam penulisan nilai-nilai dasar PNS/proyek perubahan.
Sebenarnya coachee (peserta yang dibimbing) oleh saya, semuanya memiliki kompetensi (pintar) lebih dari saya hingga saya begitu bahagia dan agak ‘malu’ karena lebih banyak belajar dari mereka. Saya begitu banyak mengenal karakter dan sifat manusia.
Kemarin, saya telah menyelesaikan seminar rancangan aktualisasi (CPNS) cocahee yang ditempatkan di BPS Pusat  (ranking tinggi) dan semuanya wanita. Melihat hasil dan slide presentasi dari coachee, saya sangat bangga kepada mereka karena dengan waktu yang terbatas hasilnya sungguh sangat bagus. Dan slide presentasinya sungguh sangat memuaskan dan kreatif yang hanya dibuat dalam 2 hari. Saya saja yang ‘bodoh’ ini belum mampu membuat slide presentasi yang inovatif itu.
Sehingga saya berpikir, sebenarnya bukanlah saya yang membimbing, tetapi merekalah yang membimbing saya. Apapun yang terjadi, semoga dalam kehidupan yang fana ini, Allah SWT membimbing saya ke jalan yang benar, aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s