Merdeka

Merah putih mewarnai bumi Indonesia. Kata dan pekik Merdeka bertebaran di media sosial. Upacara memperingati dirgahayu Republik Indonesia menjejak negeri pertiwi. Semuanya dilakukan menyambut kemerdekaan negara RI yang ketujuhpuluhsatu tahun.
Apa makna merdeka. Merdeka dimaknai sebagai terlepasnya seseorang/bangsa dari dominasi orang lain/bangsa lain baik dalam pemikiran, ekonomi, budaya, politik dan sebagainya.
Menurut penulis, para pendiri bangsa dan pahlawan yang berjuang meraih kemerdekaan tahun 1945 dilandasi 2 hal yakni antusiasme dan karakter. Antusiasme merupakan kekuatan yang luar biasa, yakni dari hal tidak mungkin menjadi mungkin. Dengan antusiasme para pejuang bahwa Indonesia dapat mengalahkan penjajah walau dengan senjata bambu runcing.
Kedua, karakter. Karakter merupakan sejumlah nilai-nilai mulia yang mengendap dalam pikiran dan jiwa sehingga mengkristal menjadi perilaku sehari-hari untuk selalu berjuang tanpa pamrih sampai tetes darah penghabisan dengan tujuan kemerdekaan.
Bagaimana kita mengisi kemerdekaan negeri yang kita cintai ini di alam kemerdekaan di mana negeri ini dikatakan ‘sakit’? Tentu saja dengan antusias dan karakter namun dengan sarana, metode yang berbeda dan bersinergi satu sama lain sebagai elemen rakyat yang menginginkan Indonesia bermartabat, berdiri sama tinggi dengan bangsa lain dan ikut menentukan perdamaian dunia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s