Hidup itu Memilih

“Enak ya kalian bisa memilih.”, kata teman di sebuah meja makan.
Semuanya boleh hilang, namun yang tidak boleh hilang adalah kebebasan untuk memilih atas sikap dan perilaku kita. Kebebasan memilih adalah anugerah terbesar yang diberikan Allah kepada manusia. Kebebasan memilih itulah -tentu atas izin Allah- yang menyebabkan Victor Frankl dapat bebas dari kamp Nazi Nazi yang sangat kejam.
Keberadaan Victor Frank dalam kamp Nazi, di mana Ia melihat kekejaman yang sangat luar biasa sehingga harapan hidupnya sangat tipis karena menyaksikan keluarganya di bunuh. Namun, Ia memilih untuk hidup dalam pikirannya dengan memvisualisasikan Ia sedang berada di depan para mahasiswa untuk mengajar dan kegiatan-kegiatan lainnya dalam keadaan bebas.
Jika Victor Frankl dan juga orang-orang lain seperti Bung Karno, Bung Hatta, Syekh Ahmad Yasin dapat memilih hidupnya dalam penjara, apa lagi kita yang hidup di alam kemerdekaan ini. Memilih merupakan sikap di mana kita menentukan dan menulis naskah hidup sendiri. Dengan memilih, kita dapat bermain peran -tentu yang positif- sesuai yang kita inginkan, menjadi apa yang kita kehendaki hingga mengalami perubahan.
Perubahan juga merupakan pilihan yang membutukan sebuah tindakan. Walaupun diam/menunggu godot adalah pilihan, namun ketika kita ingin mencoba mengubah sikap, kita tak akan pernah berubah. Kita harus bertindak sendiri memasuki perubahan untuk kemaslahatan banyak orang.
Sikap memilih lebih baik daripada berdiam diri/menunggu perubahan, baik untuk diri sendiri maupun untuk kemaslahatan bersama. Dan Allah jua memberi kebebasan kepada hambaNya apakah akan memilih kebaikan atau keburukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s