Perubahan adalah Pilihan

Rabu, 10 Agustus 2016, Kupang, NTT. Melihat presentasi seminar laboratorium kepemimpinan. Semuanya bagus. Namun yang membuat saya pusing ketika mengamati peserta terakhir di mana proyek perubahannya sangat baik -canggih menurut mentornya- untuk suatu kegiatan yang sudah berlangsung sangat lama. Oleh karena itu, setelah seminar saya bertanya kepada mentornya,”Apakah sistem aplikasi ini tidak pernah ada selama ini? Padahal kegiatan ini merupakan yang sangat penting dan digunakan dalam menentukan kebijakan-kebijakan nasional. Jawab mentor,”memang belum pernah ada.” Selanjutnya, saya menyarankan agar sistem informasi ini disosialisasikan kepada Kabupaten, Ratekda, semua propinsi dan pusat.
Saya mencoba memahami, mengapa perubahan sangat ditentang oleh sebagian besar orang, apalagi bila perubahan tersebut berkaitan dengan pribadi? Karena kita selalu berada dalam zona nyaman. Salah satu hambatan terbesar sesuatu yang baru/perubahan adalah rutinitas (zona nyaman). Bertahun-tahun kita berkerja, selalu menjalankan dengan cara/metode yang lama. Kita akan merasa lelah berpikir untuk  kreatif, efektif dan efesien karena pendahulunya sudah menggunakan cara lama dan kita mengikutinya sehingga kita takut menggunakan cara/metode yang baru karena takut gagal atau dianggap bodoh.
Perubahan adalah pilihan, kita mau berubah atau menolaknya. Jika kita menolaknya, perubahan pasti akan terjadi dan kita akan terlindas oleh perubahan itu karena kita tak dapat menghindarinya. Bila kita ingin berubah, rubahlah mulai dari diri, hal-hal kecil dan saat ini hingga kita akan mencapai kompetensi diri yang maksimal. Perubahan tidak hanya kompetensi saja, tapi juga perubahan dari nilai-nilai buruk menjadi nilai-nila mulia sejatinya manusia. Perubahan akan ada jika kita tahu, mampu dan mau melakukannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s