Tanggalkan Feodal

Ketika mengikuti diklat Revolusi Mental di Pusdiklat LAN, nara sumber menceritakan hal-hal menarik berkaitan dengan budaya melayani di lembaganya. Misalnya Kepala instansi tersebut ketika diamanahkan menjadi kepala lembaga, langsung bekerja. Ketika pensiun, Ia juga langsung kembali ke rumahnya, tanpa perlu pisah sambut karena akan mengambil anggaran yang bukan peruntukannya. Begitu pula saat turun dari mobil dinasnya, Beliau langsung membuka sendiri pintu mobilnya. Ketika ada satpam atau sopirnya yang ingin membukakan pintu mobilnya, Ia kunci dari dalam karena tidak ingin dilayani dan dapat membuka pintu mobil sendiri. Begitu pula, Ia membawa tasnya sendiri karena masih mampu dan sehat.
Dalam rapat pimpinan pun, ada budaya tidak boleh menyebut jabatan, seperti yang saya hormati kepala …., Deputi ….., dan deputi …… karena seperti orang yang mendaftar yang hadir. Langsung pada pokok persoalan. Jika seorang melanggar kebiasaan baik tersebut akan mendapatkan denda sekian rupiah.
Merubah perilaku pejabat publik dari penguasa menjadi pelayan, wewenang menjadi peranan dan jabatan publik menjadi amanah tidak semudah membalikkan telapak tangan walau pasti bisa kita lakukan dengan merubah pola pikir, sadar, mampu dan mau melakukannya. Dan menurut penelitian psikologi dan bisikan-bisikan halus yang sulit dideteksi kecuali oleh hati nurani bahwa orang semakin tinggi jabatan akan menurun kepedulian hingga merasa sombong dan ingin dilayani.
Menanggalkan gaya feodal merupakan nilai-nilai kebaikan karena kita dapat menghindari penggunaan anggaran yang bukan peruntukkannya dengan melakukan kebohongan-kebohongan dengan memanipulasi anggaran. Menanggalkan feodal akan berdampak positif dalam kehidupan organisasi dan menjadikan negeri ini mengutamakan pelayanan publik yang berkualitas dan relevan hingga mensejahterakan rakyat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s