Semuanya Karena Cinta

Biasanya satu kali seminggu, saya dan istri tamasya ke pasar tradisional pada hari minggu. Namun kali ini hari Sabtu karena besok saya tidak bisa. Istri saya adalah pemilih yang baik dalam belanja sayur mayur. Dalam memilih cabe keriting, Ia memilih satu demi satu cabe keriting yang baik dan segar sehingga kami di pasar sangat lama. Awalnya, saya kesal namun karena cinta kepada Allah menjadi indah.
Cinta akan terasa indah bila kita tahu makna cinta sesungguhnya dan hal itu hanya bisa dirasakan oleh beningnya jiwa dan lembutnya hati yang mencahayai labirin kalbu menerawagi kehidupan. Erich Fromm, dalam bukunya, The Art of Loving memaknai cinta adalah memberi tanpa pamrih. Jika memberi dengan pamrih itu namanya pedagang. Memberi tanpa pamrih akan menjadikan kita benar-benar hidup, berlebih dan bermakna sehingga menjadi bahagia. Dan akan menjadi lapis-lapis keberkahan bila memberi tanpa pamrih karena Allah meridhoiNya.
Dengan ridhonya Allah, cinta begitu indah. Indahnya melebihi gemericik air di sungai dalam kesunyian pegunungan. Indahnya cinta pun melebihi kicauan burung di keheningan hutan tak bertuan di tengah pepohonan menjulang ke awan biru. Tentulah ini bukan cinta Romeo dan Juliet atau Qais dan Laila yang merana karena keliru memaknai cinta karena kita adalah tuan cinta, seperti pemuda Ali bin Abi Thalib ra yang mencinta Fatimah Azzahrah ra.
Cinta itulah yang sebaiknya memotivasi kita menyebarkan nilai-nilai mulia di tengah menderasnya hingar bingar kehidupan materialisme hedonis yang berakibat rusaknya sendi-sendi kehidupan. Dengan cinta dan bersandar kepada Sandaran yang layak kita sandarkan yakni Allah kita bersama selalu berusaha dan optimis bahwa masih banyak orang-orang yang menginginkan Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia bermartabat. Jalan mendaki, tidaklah mudah. Banyak bebatuan, kerikil dan longsoran yang membuat kita lelah, turun semangat, namun dengan kolaborasi bersama disertai doa dan keyakinan, yakinlah tempat kita berpijak akan menjadi Inodenesia bermartabat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s