Pareto 80/20

“Apa yang diajarkan bapak baik dan idealis. Namun saya yakin bahwa kami hanya bisa menjalankannya 20 persen saja sudah bagus karena lingkungan dan pimpinan belum mendukungnya.”, kata jaksa muda saat saya berbagi ilmu standar etika publik di Badiklat Kejaksaan RI.
Terima kasih. Saya menyadari bahwa bangsa ini sedang sakit. Namun ‘kesakitan’ tersebut disebabkan oleh para pemimpin yang orientasinya memiliki dan jumlahnya sekitar 20 persen berdasarkan optimum pareto yang mengatakan 20 persen orang menentukan¬† output suatu perusahaan/negara. Dan keburukan 20 persen tersebut digeneralisir bahwa semuanya buruk. Padahal, masih ada 80 persen yang memiliki nilai-nilai jujur, amanah, integritas, anti korupsi, adil, netral, transparan, bertanggung jawab dan lainnya.
Dan saya percaya dan yakin bahwa kalian termasuk yang 80 persen orang-orang yang memiliki nilai-nilai mulia tersebut. Mari bersama kita jadikan nilai-nilai mulia tersebut menjadi karakter kita bersama sekarang. Milikilah cita-cita besar menjadi jaksa agung muda karena Tuhan Maha Besar dan konsisten menjalani nilai-nilai mulia tersebut sebagai pedoman bidup kita dan rubahlah dengan kepemimpinan kalian.
Saya optimis bahwa bangsa yang kita cintai ini akan bermartabat. Mungkin saya tak akan melihat hasilnya, tak mengapa. Oleh karena itu, saya berada di tengah-tengah kalian untuk menyampaikan nilai-nilai sejatinya manusia karena rasa sayang dan bekal saya nanti. Optimis dan yakinlah bahwa kita bisa melakukannya dari diri kita dan sekarang.

Leave a Reply

