⁠⁠⁠Idealis

“Wah pak Irkham idealis”, kata kolegaku yang baik setelah kami berbincang lama tentang output diklat prajabatan dan kepemimpinan yang menurutnya tidak akan menghasilkan output yang berarti. Kepesimisan kolega tersebut didasarkan pengalaman dan sistem yang tidak mendukung perubahan diterapkannya nilai-nilai mulia dan inovasi.
Saya memahami bahwa negeri yang kita cintai ini sedang ‘sakit’. Nilai-nilai keburukan seperti korupsi, kecurangan, kebohongan publik, dan keburukan-keburukan lain telah membudaya dan kelaziman di negeri yang kita cintai ini hingga menggerogoti dan mengeroposi sendi-sendi kehidupan yang berdampak kepada kemiskinan, pengangguran dan perselisihan. Namun di tengah-tengah bangsa yang ‘sakit’ yang mendekap kita, harus kah kita ‘sakit’/pesimis dengan mendiamkan keburukan-keburukan itu menjalari kita?
Tidak. saya harus berusaha menjadi widyaiswara/trainer yang berintegritas dan melayani peserta diklat dengan sebaik-baiknya dan sepenuh hati dan pikiran dengan cara selalu belajar bagaimana memotivasi dan menginspirasi serta metode mengajar yang baik dan menyenangkan hingga nilai-nilai mulia tersebut tertanam dan menetap di alam bawah sadar peserta diklat hingga menjadi karakter mereka. Hal ini didasari bahwa masih banyak orang yang amanah, jujur, berintegritas, tidak korupsi dan menginginkan negeri yang kita cintai ini sejahtera.
Seorang diri tak akan efektif menyebarkan virus-virus kebaikan. Oleh karena itu dengan kerjasama dan berkolaborasi dari kita semua dengan kontribusinya masing-masing sesuai peran dan tempat kita beraktivitas, mari kita menebarkan virus kebaikan sebagai bekal kita nanti. Insya Allah kita bisa melakukannya dengan ketulusan untuk negeri ini karena Allah, aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s