Melupa Menerima, Mengingat memberi

Sambil sarapan ditemani pisang goreng dan ketan, yuuk nikmati tulisan ringan ini……

Ketika menjelaskan konflik kepentingan dalam penggunaan fasilitas negara pada peserta diklat prajabatan CPNS terjadi banyak pertanyaan, seperti kita sering bekerja melebihi jam pulang tanpa dibayar, menggunakan fasilitas pribadi untuk kantor, Masa sih pak, kita tidak boleh menggunakan fasilitas kantor/negara untuk pribadi?
Memang sebagian besar manusia, mungkin fitrahnya kita sering mengingat apa-apa yang diberikan daripada apa-apa yang kita terima. Misalnya, pada saat bersamaan, kita kehilangan 100 ribu dan memperoleh 1 juta. Mana yang kita ingat? Sebagian besar kita lebih mengingat kehilangan uang 100 ribu. Benar?  Mengapa? Selain fitrah, juga kita lebih berorientasi memiliki daripada menjadi.
Oleh karena itu berusahalah untuk lebih banyak bersyukur karena dengan beryukur kita akan selalu ingat karunia tak terhingga yang kita peroleh dari Allah, seperti mata, telinga, hidung, tangan, kulit, dsb. Kita sepakat rizki dari Allah yang wasilahnya bisa dari tempat kita kerja. Dan rizki melalui kantor pasti lebih banyak daripada yang kita berikan ke negara.
Dengan bersyukur, orientasi kita juga akan berubah dari orientasi memiliki menjadi orientasi menjadi. Orientasi menjadi akan menjadikan kita untuk selalu memberi, berbagi dan berkorban. Dan ketika kita memberi, berbagi dan berkorban (power of Giving) tidak akan menjadikan kita merana karena miskin. Marilah kita lihat orang-orang yang berpikir untuk orang banyak seperti Wright bersaudara, Thomas Alfa Edison, Steve Job, Mark Z, dll.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s