To be (Menjadi)

Orientasi memiliki berbeda dengan orientasi menjadi (To be). Orientasi menjadi mendorong orang melakukan aktivitas yang tumbuh dari dirinya sendiri dengan tujuan yang jelas serta membawa perubahan yang bermanfaat secara sosial. Lanjut Fromm, modus menjadi menuntut kita membuang sikap mementingkan diri sendiri dengan mengharuskan ada kemauan memberi, membagi dan berkorban.
Perbedaan antara “Memiliki” dan “Menjadi” dapat dilihat jika kita melihat bunga harum semerbak. Seorang yang berorientasi memiliki akan memetik bunga itu untuk disimpan di kamarnya agar dapat dinikmati keharumannya sepanjang waktu. Tetapi orang dengan orientasi menjadi mungkin akan membiarkan bunga itu tumbuh, bahkan menyirami dan memelihara agar setiap orang yang lewat dapat menikmati keharumannya. Artinya dalam hidup ini, orang-orang yang berorientasi memiliki akan bahagia jika dapat memiliki sesuatu, sedangkan orang-orang yang berorientasi menjadi akan bahagia karena dapat memberi.
Pada kenyataannya, orang-orang yang berorientasi memiliki tak bahagia karena materi bukan letak kebahagiaan. Misalnya, Elvis Presley yang memiliki kekayaan dan fans yang luar biasa, namun hidup dalam kenesnatapaan. Dan banyak lagi contoh orang-orang yang berlimpah materi namun tenggelam dalam kemeranaan.
Lalu, apakah orang-orang yang berorientasi “Menjadi” hidup miskin? Tentu saja tidak. Orang-orang berorientasi menjadi sangat dianjurkan mencari materi sebanyak-banyaknya dengan cara yang baik dan untuk menikmati karunia Allah.  Materi yang diperoleh dengan baik tersebut bukan tujuan untuk bahagia, tetapi sarana (cara) untuk memberi yang membuat mereka bahagia (tujuan/akhir).
Bila para pemimpin memiliki orientasi menjadi, akan terjadi kesejahteraan dan lingkungan kerja yang kondusif di mana akan ada saling kepercayaan antara pemimpin dan yang dipimpin. Jug sebaiknya manusia dinilai berdasarkan dimensi kemanusiaannya -bukan materi– yang berlandaskan karakter yaitu sekumpulan nilai-nilai mulia (jujur, adil, berani, bertanggung jawab, akuntable, transparansi, anti korupsi, tidak curang, dll) yang menjadi perilaku sehari-hari.
——————————————————–
Cara untuk membahagiakan orang yang penasaran spt ini: “Orientasi menjadinya” kok ngak dibahas pak…. tanggung atuuh… jd penasaran…😊

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s