Values (Nilai-nilai)

Sebelum berbagi ilmu mata diklat Etika Publik, saya mengambil uang Rp. 100.000,- dari dompet dan bertanya,”Siapa yang mau uang ini?” Sebagian peserta diklat mengangkat tangannya sambil berucap,”saya pak.”
“Baik, sebentar”, lanjut saya sambil meremas-meremas uang merah tersebut seperti bola kecil. “Masih ada yang mau uang ini?” Mereka cepat menjawab,”masih pak”. Dengan sadar, saya pun menjatuhkan uang bergambar tokoh 2 proklamator tersebut dan menginjak-injaknya dengan sepatu dan bertanya untuk ketiga kalinya,”Masih ingin uang yang telah lusuh dan kucel ini?” Secepat kilat mereka menjawab,”masih pak.”
“Mengapa kalian masih menginginkan uang yang telah lusuh dan kucel ini?” Seorang sigap menjawab,”Walaupun telah lusuh dan kucel, uang tersebut masih memiliki nilai.”
Benar. Kita telah belajar sesuatu yang sangat berharga yakni nilai (values). Betapapun uang tersebut lusuh dan kucel, nilainya tidak berkurang. Apakah nilai-nilai (values) itu?
Values adalah sesuatu yang sangat berharga sehingga kita menjunjung dan memegang teguh sesuatu tersebut. Seseorang yang telah memiliki kejelasan nilai-nilai dirinya akan cepat mengambil keputusan karena nilai-nilai tersebut menjadi kompas hidupnya. Nilai-nilai mulia (core values) seperti jujur, amanah, berintegritas, profesional, adil, anti korupsi, tidak curang dan nilai mulia lainnya.
Dan kita selama sebulan akan menginternalisasi nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi (ANEKA) agar menjadi ASN yang memiliki nilai-nilai mulia tersebut dan berdaya saing tinggi. Saya percaya, kalian memiliki nilai-nilai tersebut. Dan Kalian juga harus percaya pada diri sendiri memiliki nilai-nilai tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s