Sedikit Namun Berkah

Seorang pegawai dengan upah 5 dirham merasa hatinya resah gelisah dan jiwanya tak tentram. Ditambah pula istrinya bawel dan anak-anaknya tak sedap dipandang mata. Oleh karena itu, Ia datang kepada seorang Imam yang sangat terkenal keshalihan dan sering menjadi rujukan kaum muslimin pada zamannya dalam menyelesaikan masalah. Tidurnya saja dapat menyelesaikan beberapa masalah. Orang alim tersebut adalah Imam Syafi’i rahimahullah. Imam Syafi’i menyarankan agar pegawai tersebut meminta upah 4 dirham.
Karena integritas dan kepercayaan atas keshalihan Imam Syafi’i dalam menyelesaikan masalah, pegawai tersebut mengikuti saran tsb dan diutarakan kpd  pemilik perusahaan. Pemilik bingung dan tak mengerti, namun pegawai memaksa yang akhirnya disetunjui.
Setelah menerima upah 4 dirham permasalahannya tak berubah, maka Ia kembali menghadap Imam Syafi’i. Imam Syafi’i menyarankan kembali agar pegawai meminta upah menjadi 3 dirham dan diiikuti saran tersebut.
Setelah menerima upah 3 dirham, terjadi perubahan yang sangat berarti yakni hati tenang, jiwa tentram, istri tidak bawel dan anak-anak begitu sedap dipandang mata. Pegawai tersebut bingung, mengapa terjadi? Ia pun menghadap Imam Syafi’i dan menceritakan perubahan tersebut.
Imam Syafi’i meminta pegawai tersebut menceritakan aktivitas pegawai dalam bekerja. Pegawai menceritakan bahwa Ia bekerja santai karena sesungguhnya pekerjaannya dapat diselesaikan lebih cepat dari alokasi waktu yang disediakan sehingga Ia bersantai-santai dalam bekerja.
Imam Syafi’i pun menjelaskan bahwa sebenarnya pegawai hanya berhak mendapatkan upah sebesar 3 dirham. Dan upah yang sesuai hak itulah yang membuat pegawai tersebut memperoleh keberkahan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s