Instropeksi Diri

Ada ibu kutu anjing (tinjal) dan anaknya yang berada di tubuh anjing sedang mengobrol. Anak,”Ibu, anjing itu seperti apa sih?” Jawab ibu,”Anjing itu yang kita duduki ini.” Anak,”Tapi aku ingin melihatnya.” Maka ibunya melempar anaknya keluar dari tubuh anjing. Setelah di luar tubuh anjing, Ia melihat betapa besar anjing tersebut. Ia pun bersyukur atas keberadaanya atas izin Allah karena memiliki kelebihan meloncat 300 kali dari ukuran tubuhnya.
Hikmah dari cerita di atas adalah berusahalah melakukan instropeksi diri dan berusaha untuk keluar dari dari diri dalam memandang sesuatu. Instropeksi di sini berarti  bersama kelemahan kita, pasti ada kelebihan kita. Bertumbuhlah di atas kekuatan-kekuatan yang kita miliki (strenght base orientation) dan kita akan mensyukuri kelemahan dan kelebihan diri kita.
Sedangkan contoh keluar dari tubuh kita adalah ketika kita sebagai karyawan/pegawai, mencobalah membayangkan kita sebagai pemimpin. Pemimpin memiliki tanggung jawab yang berat dalam mengambil keputusan-keputusan dalam organisasinya. Begifu juga, jika kita adalah seorang pemimpin, berusahalah memvisuisasikan diri sebagai karyawan/pegawai. Maknanya, ketika pemimpin memutuskan kebijakan, apakah keputusan tersebut akan merugikan atau menguntungkan karyawan?
Dengan instropeksi diri akan tumbuh rasa syukur kita kepada Allah dan respek kita terhadap orang lain. Rasa syukur dan menghargai orang lain merupakan sikap positip yang akan mengembangkan jiwa dan meningkatkan kompetensi kita dalam menjaga hubungan dengan orang lain.
——————————————————————————————–
Instropeksi diri merupakan salah satu metode mengenal potensi diri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s