Emosi Positif dan Kreativitas

Sambil disruput teh hangat serta jajanan kecilnya, memandang indahnya langit dan mengerakkan kepala ke kanan kiri agar hati senang yuuk kita renungkan…..
Emosi negatif merupakan anugrah dari Allah saat penciptaan manusia karena itu kita tak akan bisa mematikan emosi negatif. Namun kita mampu memindahkan saluran emosi negatif ke emosi positif agar emosi negatif tak menguasai kita. Intinya, bukan menghindari emosi negatif agar kita selalu bahagia. Tapi bagaimana, mencegah emosi negatif tak terkendali hingga menguasai suasana hati yang menyenangkan.
Ketika  hati senang, riang gembira dan damai, akan menumbuhkan ide-ide kreatif yang kemudian diimplementasikan menjadi inovasi yang akan bermanfaat untuk banyak orang dan meningkatkan kinerja diri. Banyak contoh membuktikannya, seperti Imam Syafi’i menulis kitab Al Umm yang fenomenal dan menjadi rujukkan dan memudahkan kaum muslim Indonesia. Steve Job membangun kembali Apple yang hampir bangkrut dengan menindih sakit hatinya karena dikeluarkan direksi Apple sebelumnya dengan flow (istilah kcerdasan emosi) bersama timnya hingga bekerja tak mengenal lelah. Google dan Facebook memberkan pegawainya untuk melakukan apa-apa yang mereka senangi sebesar 20 persen dari waktu kerjanya.
Jadi berusahalah menjadikan suasana hati senang agar bertumbuh ide-ide kreatif dan meningkatkan kinerja diri sehingga kita tak menjalani rutinitas kehidupan yang membosankan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s