Makna Pernikahan

Menikah adalah menyatukan 2 hati yang berserak menjadi satu dari 2 manusia yang unik. Menikah juga memadukan antara cinta yang suci dan nafsu. Cinta yang suci adalah anugrah terindah dari Sang Maha Pemberi Cinta yakni Allah. Nafsu juga karunia dari Allah. Tanpa nafsu kehidupan bagai padang pasir netralitas yang menjemukan, terputus dan terkucil dari kehidupan itu sendiri.
Ketika kita memilih pasangan kita untuk mengarungi bahtera kehidupan pastilah karena kelebihan yang dimiliki (mawwaddah) seperti kecantikan/ketampanan, kecerdasan, dan kelebihan lainnya sesuai tujuan pernikahan sakinah mawadah wa rahmah.
Namun perlu disadari, kita di dunia tidak mencari orang yang sempurna untuk dicintai, namun mencintai orang yang tak sempurna dengan cara cinta yang sempurna. Maka, pastilah akan ada masalah dalam kehidupan berumah tangga yang penuh riak gelombang.
Saat riak gelombang menghantam behtera selalu ingatlah makna keberkahan bagi pernikahan seperti ucapan Barakallahu alaika. Makna keberkahan bagi pernikahan di saat duka harus selalu dihadirkan dalam mengarungi bahtera rumahtangga. Barakah dari Allah akan membawakan senyum meski air mata menderai. Barakah itu menaungi rengkuhan dan belaian lembut di saat kita terisak menahan air mata. Barakah itu muncul saat kesulitan menggelayuti hati yang susah. Barakah itu datang saat kejengkelan merangkul. Barakallahu alaika.
———————
7 Februari 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s