Mencari Makna Hidup

Banyak orang yang mencari makna hidupnya dalam dunia yang berkelimpahan materi hingga limbung tak tahu arah tujuannya. Mencari kesenangan namun tak mampu menikmatinya dan tak pernah puas. Sehingga mencari makna hidup merupakan hal terpenting untuk setiap manusia.
Mungkin sambil menyeruput teh hangat ditemangi pisang goreng dan menatap birunya langit, kita dapat merenung tentang makna hidup.
Victor Frankl mengatakan dalam bukunya A Man Search Meaning bahwa makna adalah perbuatan yang mengarahkan dirinya pada sesuatu yang ingin dicapainya. Keinginan akan makna inilah yang mendorong (motif) seseorang melakukan berbagai perbuatan agar hidupnya bermakna. Setiap orang memiliki makna yang berbeda sesuai kehendak pilihannya dan persepsinya.
Berdasarkan pengertian makna hidup di atas, menurut persepsi saya dorongan (motivasi) seseorang melakukan perbuatan adalah mengharap ridha Allah. Sedangkan nilai perbuatan adalah tujuan pencapaian dilakukan perbuatan. Nilai perbuatam diklasifikasikan menjadi 4, yakni:
1. Nilai materi (bekerja, berdagang, bertani)
2. Nilai kemanusiaan (membantu sesama)
3. Nilai moral (jujur, amanah, integritas, disiplin)
4. Nilai ibadah (sholat, shaum, haji)
Dengan mengetahui makna hidup dan mengetahui nilai tujuan perbuatan, kita akan menjalani kehidupan seutuh-utuhnya setiap hari dengan penuh makna dan nilai. Bukan kesenangan, namun spiritualitas menurut Frankl merupakan sisi transendensi pada manusia yang berfungsi memberikan makna hidup.
———————
31 Januari 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s