Memulai dengan Mengingat Akhir

Bayangkan dan Visualisasikan suatu tubuh yang diturunkan ke liang kubur adalah Anda. Setelah itu tanah demi tanah ditumpahkan ke atas jasad Anda hingga menjadi pusara. Apakah orang-orang yang Anda cintai dan harta Anda ikut serta ke dalam kubur? Tidak. Anda meninggalkan semuanya, kecuali 3 hal yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do’a anak sholeh.
Bayangkan dan visualisasikan proses pemakaman diri Anda kembali agar  faham tentang “Memulai dengan Mengingat Akhir”, yakni memulai langkah-langkah kehidupan hari ini, esok, minggu dan bulan depan (jika kita menjemputnya) dengan paradigma, gambaran, visual mengingat akhir (kematian) sehingga kita akan melakukan aktivitas-aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan ini.
Memulai dengan mengingat akhir/kematian, bukan berarti kita mengubur hasrat dan keinginan kita untuk memperoleh kekayaan, karena kita dianjurkan untuk tidak melalaikan kenikmatan dunia. Hasrat dan keinginan untuk menjadi kaya harus selalu ada, namun bukan menjadi tujuan. Kita dianjurkan memperoleh kekayaan dengan cara benar dan juga mendistribusikan harta tersebut kepada yang berhak. Dengan demikian materi menjadi sarana sebagai sedekah jaryah.
Memulai dengan mengingat akhir dalam bekerja juga akan memacu kita bekerja sungguh-sungguh menggapai karir yang kita inginkan untuk kebermanfaatan orang banyak. Bekerja juga bukan hanya materi semata, namun juga meningkatkan spiritualitas kita.
Memulai dengan mengingat akhir dalam pernikahan akan menjadikan cinta selalu tumbuh karena  tujuan berumahtangga adalah sakinah ma waddah wa rahmah. Sehingga ketika dalam rumah tangga ada pernak-pernik masalah kita tak akan menenggelamkan bahtera rumah tangga karena kita memulai dengan kebaikan dan mengakhirinya juga dengan kebaikan.
Memulai dengan mengingat akhir dalam kehidupan akan membuat kita bersandar pada dinding yang benar, sehingga bekerja kerasnya kita, berumahtangganya kita akan selalu penuh makna dan hidup tak akan hampa.
—————————-
14 Januari 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s