Tujuan Hidup

“Saya tidak hebat Mas, seperti orang lain yang punya ini dan itu. Saya juga bukan orang baik, namun saya ingin berkongribusi terhadap bangsa ini”, kata teman yang memiliki wewenang dan kesempatan untuk memperkaya dirinya dengan cara keliru. “Mengapa sebagian orang ketika memiliki wewenang seperti Anda melakukan hal-hal buruk seperti korupsi?” tanya saya. “Karena mereka tidak/belum mempunyai orientasi/visi/tujuan hidup.” jawabnya
Sambil menyeruput teh hangat ditemani roti sambil memandang anak lelakiku yang jarang dilihat karena kos, yuuk kita baca mengapa hal di atas terjadi.
Pada awalnya manusia itu baik. Kemudian setelah dapat melihat dunia yang materialistik, mengalami pergereran paradigma dan perilaku sehingga berlomba-lomba memperoleh materi sebagai tujuan dengan segala cara. Keinginan memiliki materi berlimpah merupakan hal penting dan harus dilakukan dengan cara benar dan jadikan materi hanya sebagai sarana untuk kebaikan.
Covey Sr mendeskripsikan dengan menarik sabagai kebiasaan efektif kedua yakni merujuk pada tujuan akhir sbb:
“Mudah sekali untuk terjerembab pada perangkap aktivitas, dalam kesibukan hidup, bekerja makin keras menaiki anak tangga keberhasilan hanya untuk sadar bahwa tangga tersebut bersandar pada dinding yang salah. Adalah mungkin untuk menjadi sibuk -sangat sibuk- tanpa menjadi sangat efektif…. Berapa yang Ia tinggalkan ketika mati? Ia meninggalkan semuanya”
Erich Fromm menyimpulkan dalam bukunya human being melalui pengamatannya ketika Ia hidup di masyarakat kapitalistik materialisme bahwa oang-orang yang memiliki paradigma memiliki yakni segalanya diukur dengan materi merupakan hidup yang tidak sehat bagi seseorang. Salah satu akibat dari paradigma memiliki, orang akan menjadikan jabatan/wewenang sebagai perahan memperkaya dirinya dengan cara buruk.
Oleh karena itu, agar kita tidak bersandar pada dinding yang salah kita harus selalu bertanya pada diri yakni darimana kita berasal? Untuk apa (tujuan) kita hidup? Dan setelah kehidupan ini, akan kemanakah kita?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s