⁠⁠⁠Integritas

Kepercayaan dan pemimpin rendah hati (2 tulisan sebelumnya) memiliki keterkaitan yang sangat erat. Pemimpin rendah hati yang menjadi pemimpin hebat pasti sangat dipercayai oleh orang lain. Bagaimana menjadi orang yang dipercaya?
Salah satu faktor penentu karakter orang dipercaya adalah integritas yang berfungsi sebagai akar yang membangun faktor karakter lainnya. Integritas merupakan faktor terpenting dalam kepemimpinan. Integritas adalah keterpaduan yang utuh antara kata dan perilaku. Orang lain sering menganggap konsisten antara perkataan dan perilaku.
Bila seorang pemimpin berbicara anti korupsi, disiplin, kepedulian, perubahan, kejujuran, menghargai orang lain, adil, tidak rakus dan nilai-nilai utama lainnya, namun perilakunya bertentangan, maka jangan berharap orang yang dipimpinya akan percaya. Seperti kita mengatakan cinta kepada orang, namun kita tidak melakukan tindakan-tindakan apapun kpd orang yang kita cintai.
Perkataan baik merupakan niat. Perkataan baik adalah pengharapan. Namun perkataan baik tanpa divalidasi dengan perilaku akan menurunkan kepercayaan orang yang mengucapkannya dan perkataannya tanpa makna.  Sebaliknya perilaku sangat penting dan dampaknya lebih besar daripada yang kita katakan dan meningkatkan kepercayaan.
Jadilah pemimpin yang dipercaya dengan memiliki karakter integritas sehingga dicintai orang-orang yang dipimpinnya dan mereka akan selalu mendoakan kebaikan untuk pemimpinnya.
—————–
Dari seorang hamba yang sedang berupaya menerapkan integritas pada diri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s