⁠⁠⁠Kepercayaan

Dalam buku Speed of Trust, Covey Jr begitu indah memformulasikan kepercayaan dalam negara/organisasi/individu sbb:
Kepercayaan ↑ = Kegiatan ↓ + biaya ↓
Artinya bila suatu negara/organisasi/individu memiliki kepercayaan tinggi, kegiatan akan berjalan cepat dan memakan biaya rendah. Sebaliknya, bila negara/organisasi/individu memiliki kepercayaan rendah, kegiatan akan membutuhkan waktu lama dan biaya sangat tinggi.
Saya teringat seorang pemuda yang sangat mulia yakni Muhammad SAW (sebelum menjadi Nabi) mendapat julukan Al Amin (terpercaya). Karena memiliki kepercayaan sangat tinggi di masyarakat, Beliau SAW dipercaya sbg seorang yang mengatur bagaimana meletakkan Hajar Aswad.
Hasilnya, peletakkan Hajar Aswad di Mekkah memakan waktu yang singkat (Kegiatan) dan tidak menimbulkan pertikaian antara suku-suku di Mekkah (biaya).
Karena memiliki kepercayaan, Beliau SAW juga dititipkan harta-harta oleh orang-orang di sekitar Mekkah. Dan Beliau SAW tidak memungut biaya (gratis) dan mengembalikan dengan cepat bila ada orang yang ingin mengambilnya.
Tentu saja, kepercayaan harus dibangun oleh diri sendiri dengan kejujuran, niat, integritas, transparan, ketulusan dan kompetensi. Tanpa karakter berupa nilai-nilai mulia kemanusiaan dan kompetensi, maka kepercayaan sulit di peroleh.
Untuk mengevaluasi kepercayaan, bertanyalah pada nurani kita yang kita mengetahuinya. Apakah kita dipercayai orang lain atau kita mempercayai orang lain?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s