Stress/Pusing jalan menuju Kreatif

Sesungguhnya manusia itu kreatif karena Sang Pencipta menganugrahkan otak kanan. Namun karena  kita jarang membuka bungkusan tersebut (melatih dgn tekun dan terus menerus) kreativitas tsb jarang terlihat. Terkadang kreativitas tsb muncul jika kita stress/pusing/kepepet saat buntu menyelesaikan masalah atau diberi tugas.
Saya dan teman membuktikannya saat melatih berpikir kreatif kepada CPNS LIPI. Kami menjelaskan apa itu berpikir kreatif dan cara berpikir kreatif. Salah satu cara berpikir kreatif adalah berpikir analogi yakni menyelesaikan masalah dengan melihat kesesuaian dengan sesuatu yang lain.
Kemudian, Kami meminta peserta mencari barang di sekitar. Awalnya mereka bingung/pusing. Akhirnya mereka mengambil barang. Ada yang mengambil gayung, ember, dahan kering, pecahan batu, daun kering, dsb.
Setelah itu kami meminta mereka menentukan permasalahan yang ada di unit kerja dan menyelesaikan masalah tersebut berdasarkan barang yang mereka miliki dengan cara analogi.
Amazing. Mereka secara berkelompok dapat menyelesaikan persoalan yang muncul di tempat kerja berdasarkan barang-barang yang ada dengan berpikir analogi. Sungguh luar biasa.
Stress/pusing merupakan anugrah karena melatih otak kanan kita dan hikmahnya kita tidak cepat pikun dan menjadi kreatif.
———–
Pasar Kramat Jati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s