Lelah Namun Menyenangkan

Semua hari menyenangkan bagiku karena apapun yang  terjadi merupakan ketetapan Allah yang pasti baik. Namun Jum’at kemarin hingga Minggu ini hari-hari kulalui dengan lelah namun sangat menyenangkan dan sangat berbeda.  Apa yang kulalui?
Hari Jum’at -Sabtu jam 17.15 wib, saya mendampingi teman mengajar CPNS LIPI di Bogor dengan peserta rata-rata bergelar master dan berpengalaman. Bahkan ada yang Doktor. Dengan percaya diri (bukan nekat loh) karena persiapan dan bekal buku-buku bacaan, passion dan do’a kepada Allah semuanya berjalan lancar.
Setelah selesai mengajar, saya melanjutkan berkemah dengan teman-teman SMA di hutan pinus, Gunung Pancar. Saya bukanlah pecinta alam. Namun karena ingin bertemu 4 sahabat saya yang jarang berada di kelas ketika kelas 2 SMA saya pun ikut berkemah.
Alhamdulillah saya bertemu keempat sahabat tersebut di hutan yang begitu indah dengan pohon-pohon pinus yang tumbuh hampir sama tingginya atas izin Allah.
Saya menikmati malam indah tersebut. Gelapnya malam dikelilingi pohon-pohon pinus, mendengarkan suara merdu pendendang syair, menikmati ikan bakar dan dinginnya malam di hamparan terbuka.
Di malam itu saya pun ngobrol dengan salah satu sahabat yang inspiratif dan saya banyak belajar darinya sebagai bekal untuk mengajar. Beliau mencontohkan beberapa orang yang dalam keadaan tak berdaya namun memberi manfaaf banyak orang. Bandingkan dengan diri kita.
Sahabat ini pun memiliki peluang untuk memperkaya diri dengan jabatannya namun Ia tak melakukannya. Mengapa bisa begitu? Tanyakan hati nuranimu ketika apakah tindakan itu salah atau benar.
Minggu pagi saya pulang bersamanya menumpang teman lain. Saya tahu bahwa kekasihku dan putriku ada di pasar. Saya pun langsung ke pasar untuk membawa belanjaan kekasihku sebagai bentuk pelayanan prima.
Sungguh tiga hari yang sangat menyenangkan bagiku. Lelah namun menyenangkan karena menjalaninya dengan cinta dan berharap ridho-Nya.

Leave a Reply

