Kekuatan Ikhlas

Ketika saya membesuk ke rumah sahabatku yang sedang ditimpa musibah,  raut wajahnya tampak seperti biasa yakni orang yang selalu bersyukur dan tersenyum kerena memiliki hatinya selembut salju dan kesabarannya seluas samudera.
Kami mengobrol lama sekali. Saya mendengarkan ceritanya tentang penyakitnya. Selama Ia bercerita tidak terdengar keluhan. luar biasa.
Yang lebih luar biasa lagi, ketika mendapat vonis dari dokter tentang penyakitnya yang selalu ditakutkan oleh wanita, wanita mandiri ini bersikap tenang. Hingga 2 orang wanita yang berada di dekatnya berkata,”Wah Ibu tenang banget ya. Jika saya yang terkena akan stress sekali.”
Saya pun bertanya, “Bagaimana dapat bersikap tenang?” Wanita 2 anak ini menjawab,”Yah sudah terjadi (bukan pasrah loh). Walau saya sudah berusaha untuk pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan pola pikir, namun penyakit ini terjadi, saya ikhlaskan kepada Allah.”
Ikhlas memang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat terhadap diri seseorang. Ikhlas akan berdampak tenangnya hati, damainya jiwa dan pikiran benar hingga musibah akan cepat berlalu. Karena ikhlas merupakan wujud penyerahan diri secara totalitas dan kesadaran terhadap ridhonya ketetapan Allah yang tak pernah zhalim terhadap hamba_Nya.

Pasar Kramat Jati, 6/9/2015.

Leave a Reply

