Ridha dengan Ketetapan Allah

Suatu ketika ada orang yang memiliki segalanya dengan gaya hidup tinggi mengalami kebangkrutan. Dalam ketakberdayaannya, Ia tetap menjalankan gaya hidupnya yang akhirnya semakin membuat tak berdaya.
Pada kasus lain, ada seorang ibu yang mengalami sakit herpes di matanya dan rematik, hingga Ia harus dibantu oleh anak-anaknya. Dalam ketakberdayaannya, Ia berkata,”Ibu sudah tak bermanfaat dengan menyusahkan kalian.” Maka anak-anaknya menjawab,”Ibu jangan berkata seperti itu. Inilah kesempatan kami untuk merawat Ibu yang juga tak akan dapat membalas jasa Ibu.”
Memang hal yang manusiawi, ketika seorang mendapat musibah yang berakibat pada ‘suasana baru’ di mana kita tak berdaya sangat sulit untuk menyesuaikan diri dengan suasana baru tersebut.
Agar kita dapat menyesuaikan diri dengan ‘suasana baru’ adalah kita harus menerima ketetapan Allah dengan ridha. Ridha di sini memiliki makna kita harus menerima musibah (sesuatu yang tidak kita sukai) dengan sikap yang positip. Sikap yang positip adalah berpikir benar pada Allah. Dengan berpikir benar, seseorang akan mampu menanggung musibah-musibah yang dialamnya dengan hati yang teguh, keyakinan yang mendalam dan kesabaran yang baik.
Akhirnya, dengan ridha pada ketetapan Allah kita akan menyadari bahwa musibah-musibah adalah sebuah karunia yang akan kita ketahui maksudnya bila kita berpikir benar dan akan membawa kebaikan bagi diri kita.
——————————————–
Kutulis khusus untuk sahabtaku dengan diiringi doa kepada Allah agar mengangkat penyakitnya dan Beliau diberi kekuatan yang saya yakin Ia mampu bersabar karena selalu bersyukur dan tersenyum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s