Merdeka

Mengapa kemerdekaan itu sangat penting? Karena dengan merdeka suatu bangsa/ negara bebas dari penjajahan suatu bangsa lain hingga bangsa itu bebas menentukan nasibnya sendiri. Artinya bangsa yang merdeka tidak didominasi/hegemonj oleh bangsa lain, baik secara ekonomi, politik, dan sebagainya.
Apa itu merdeka? Menurut KBBI, merdeka memiliki arti bebas (dari perhambaan, penjajahan, dsb) atau berdiri sendiri.
Berkaitan dengan personal/seseorang, merdeka berarti bahwa seorang itu bebas dari dominasi/perhambaan orang lain, materi, jabatan dan sebagainya. Ada yang mengistilahkan, sesuatu yang mendominasi diri kita disebut Tuhan. Maka ada yang mengatakan materi sebagai Tuhan. Sesungguhnya, perhambaan manusia yang layak hanya kepada Sang Pencipta.
Oleh karena itu, seseorang tidak boleh dikendalikan (deterministik) orang lain, materi, jabatan dan sebagainya. Bahkan sebaliknya, materi, jabatan harus berada dalam genggaman kita.
Kehendak atau kebebasan ini merupakan anugerah Ilahi yang sangat besar bagi manusia karena dengan kebebasan ini seorang diberi pilihan dalam hidupnya memilih kebaikan dan keburukan. Dan dengan kehendak ini, seseorang menentukan nasibnya sendiri, bukan orang lain, materi atau jabatan.

Salam Merdeka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s