Gnagnecret nad Kilabret

Saya tercengang-cengang ketika sekitar satu jam mengobrol dengan seorang teman. Karena sesuatu yang diungkapkan oleh teman yang baik hati dan tidak sombong ini diluar pemikiran banyak orang.
Beliau mengatakan,”Pak Irkham, banyak orang yang berada diperingkat bawah menjadi kaya dan sukses dan akan memperkerjakan orang-orang yang akademiknya baik banget. Sedang seseorang yang pintar tidak, bodoh juga tidak (sedang-sedang saja) akan bekerja di pemerintahan.
Kaget bingits. Batin saya,”Jika yang mengatakannya saya, saya maklum sebagai pembelaan diri karena saya memang sedang-sedang saja. Namun yang mengatakannya seorang deputi/eselon 1 di lembaga pemerintahan, Doktor dan seusia dengan saya.”
Karena rasa ingin tahu, dengan bermandi peluh dan mendatangi berbagai toko buku, akhirnya saya memperole buku terbitan lama tersebut yang menjadi acuannya. Saya langsung membacanya. Sungguh saya tersenyum-senyum, tercengang dan membuat otak terbalik. Berikut ini beberapa contohnya:
1. Mari kita memulai langkah yang benar dengan membuat keputusan yang salah.
2. Rapat adalah pekerjaan untuk mereka yang kurang kerjaan.
3. Kuliah di universitas itu berarti,”Saya tidak tahu mau apa dengan kehidupan saya, oleh karena itu saya akan masuk universitas.

Leave a Reply

