Semangat Muda

Setelah berpeluh keringat mencari tempat indekos untuk anakku, akhirnya kutemukan indekos yang cocok menurutku. “Sepertinya, ada penyelenggaraan Ilahi yang menunjukkan tempat indekos tersebut dan semoga barokah”, batinku
Pemilik indekos itu bernama Bu Ani. Ia berusia 67 tahun dengan 5 anak yang sudah berkeluarga dan tidak tinggal bersamanya.
Sejak suaminya jatuh yang berakibat tidak bisa jalan, Ia yang telah mengurusi 17 indekos bertambah lagi mengurusi kebun belimbing yang sangat luas di mana hasilnya akan dijual.
Setelah mengurusi suaminya dan tempat indekosnya, Ia pergi ke kebun belimbing untuk mengawasi 7 pegawai lepas yang membungkus belimbing. Ia memberi upah Rp 200,- setiap belimbing yang dibungkus. Biasanya, setiap orang dapat membungkus belimbing sebanyak 300/hari. Setelah selesai Ibu yang selalu ceria ini pulang.
Ibu Ani juga rajin datang ke pengajian dan menganggapnya sebagai silaturrahim. Ia begitu mencintai organisasi keagamaan tertentu. Bahkan, bila ada suatu acara yang diselenggarakan organisasi tersebut di luar kota, Ia akan ikut serta.
Saya membatin “sungguh aku malu. Ia yang berusia 67 tahun masih memiliki semangat muda dan merasa senang melakukan kegiatan tersebut tanpa mengeluh. Sedabgkan saya yang masih muda, sudah merasa lelah atas sedikit beban.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s