Nilai-Nilai Dalam Islam

Pada pendidikan dan pelatihan (Diklat) prajabatan CPNS pola baru diajarkan nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA). Nilai-nilai turunan ANEKA adalah kejujuran, disiplin, sungguh-sungguh, sopan, amanah, efesien, kreatif, profesional, integritas dan sebagainya. Pemahaman dan penerapan nilai-nilai tersebut sangat penting agar PNS menjadi profesional dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi era globalisasi.
Apa itu Nilai? Nilai merupakan sesuatu yang sangat kita hargai atau junjung tinggi. Nilai-nilai akan menjadi  pedoman arah dalam mengarungi bahtera kehidupan. Biasanya, seseorang yang memiliki nilai akan cepat dalam mengambil keputusan.
Dalam Islam, nilai-nilai tersebut berdasarkan pada Al Qur’an dan As Sunah yakni halal dan haram serta baik dan buruk. Nilai-nilai ini tetap dari 14 abad yang lalu sampai sekarang.
Selain itu dalam Islam ada juga nilai-nilai turunan dari nilai dasar Islam di atas, yaitu nilai perbuatan (qimatul amal) yang memiliki makna bahwa setiap perbuatan memiliki tujuan. Ada 4 nilai perbuatan yakni, nilai materi, nilai moral/akhlaq, nilai kemanusiaan dan nilai ruhiyah.
Nilai ruhiyah seperti shaum, sholat, berhaji dan zakat memiliki tujuan yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT (Taqarrub Ilallah).  Dengan demikian ketika kita mendirikan ibadah (shaum, sholat,haji, dan zakat) kita semakin dekat kepada Alllah SWT. Semoga pada shaum ini, kita semakin taat kepada Allah SWT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s